ABOUT
Orang Biasa
Baihaqi 38 Tahun
Orang Biasa
1 Istri 3 Anak
Serpong Indonesia
Biasa aja...
bersahaja dalam keseharian
melaruti hari dengan harapan
mencoba menata asri
taman surga dihalaman hati
PREVIOUS POSTS
Rumah Cinta Keluarga Ra'uf I
Bakpao Ramadhan
'Ngaso...
Ide
Pede
Obat "Kuat"
Kamu
Tutun...
Cita, Angan dan Harapan
Underline Buat Qky

ARCHIVES
March 2004
April 2004
May 2004
June 2004
July 2004
August 2004
September 2004
October 2004
November 2004
SHOUTBOX
SYNDICATE
RSS Atom

Subscribe with Bloglines
Rumah Cinta Keluarga Ra'uf II
“Jangan Ampe Ke Jual Tuh Lapangan Li…”

Siang telah beranjak. Matahari tidak begitu terik lagi. Tetapi tanah lapang itu tidak mengudarakan debu seperti biasanya. Tak ada keriangan diatasnya. Tak ada anak-anak yang berlari-lari. Tak ada anak-anak bersepeda, berputar-putar. Tanah lapang itu tampaknya tengah gelisah.

“Li. Emang bener lapangan mo di jual ame Pak Joko ?”, Ubay memecah kebisuan. Semua teman-teman sepermainan Fadli mengarahkan pandangan kepadanya. Desas-desus yang mereka dengar dari orang-orang tentang bakal di jualnya tanah lapang tempat mereka merenda tawa, bermain bersama, membuat mereka gelisah. Mereka ingin dengar langsung dari Fadli, cucu semata wayang Haji Rasyid, pemilik tanah lapang itu. Mereka baru yakin kalau Fadli yang bicara, bukan orang-orang kampung.

“Entu die Bay…”, seakan tercekat, tak mampu Fadli meneruskan kata-katanya. Kepalanya terangkat. Matanya menatap langit. Tampak gurat kesedihan di wajahnya.

Teman-teman sepermainannya, seperti wabah menular, tampak sedih juga. Mereka mulai yakin, kalau tanah lapang itu memang bakal di jual. Sepertinya wabah itu ganas, kepala mereka juga terangkat lalu menatap langit dengan air muka yang tetap sedih.

“Ya… Entar kite kalo mo maen bola dimane dah ?”, kepala Firdaus atau biasa mereka memanggilnya dengan nama Iyus, menunduk. Tangannya mengaris-garis tanah dengan batang kayu. Kebiasaannya disetiap kebingungan mencari-cari jawaban.

“Bukan cuman entu Yus ! Timbang maen bola doang sih, kite bisa maen ke Pulo. Tapi entar, kalo kite tujuh belasan, pasti bakalan kagak ada coko lagi di sini”, Jamal coba menimpali. Juara Coko tujuh belasan tahun lalu berusaha menjawab kebingungan Iyus yang memang kesohor jago nge-gocek bola.

“Iye… ye. Kite bakalan kagak bisa maen dampu lagi dah”, Uwok, yang nama aslinya Abdullah, ikut-ikutan kasih komentar.

Dua “anak-bawang” Karim dan Rusdi berbarengan mengarahkan pandangannya ke Fadli. Usia mereka paling muda diantara yang lainnya. Biasanya, mereka lebih banyak memilih untuk diam. Tetapi untuk masalah yang satu ini, nampaknya mereka tak bisa memilihnya. Mereka berharap Fadli mau meneruskan cerita yang sebenarnya hingga tuntas.

“Terus gimane Li ?”, tanya Karim dan Rusdi berbarengan.

Fadli menceritakan apa yang terjadi di ruang tamu Engkongnya, Haji Rasyid. Saat dimana Encang Ridwannya membuat mati kutu dirinya di hadapan Engkongnya. Teman-teman sepermainannya diam mendengarkan. Iyus tak lagi mengaris-garis tanah dengan batang kayu. Telah di buangnya jauh-jauh batang kayu itu.

“Engkong lu bilang ape Li ?”, Ubay tak tahan untuk memotong pembicaraan Fadli. Ia tak bisa sabar untuk mendengar cerita Fadli sampai habis.

“Ah… Elu gimane sih Bay. Pan Fadli belon rapih ngomong, nape pake di potong ?”, Jamal menepuk bahu Ubay tanda tak bersetuju atas sikapnya.

“Iye nih…”, yang lain pun koor tanda tak setuju. Ubay cuma melengos.

Fadli meluruskan kakinya. Sedari tadi ia jongkok, mungkin agak pegal juga, atau ia sudah mulai merasa kakinya kesemutan. Seperti penyakit menular yang mewabah, semua juga meluruskan kaki, kecuali Ubay. Ia masih tetap jongkok dengan dagu bersandar pada lengan.

“Engkong gue belon mutusin sih !”. Suaranya datar perlahan.
“Encang Ridwan gue juga bilang suruh pikir dulu”. Semua tampak lega. Tapi gurat kecemasan masih tampak.

“Bukannye udeh dibawain duit ame Pak Joko, Li ?”, giliran Uwok angkat bicara.
“Soalnye, orang-orang kampung bilang, Engkong lu udeh di kasih persekot tande jadi”. Pertanyaan Uwok membuat Fadli terkaget. Ia tidak menyangka, kalau orang-orang kampung juga ikut membicarakan persoalan tanah lapang milik Engkongnya. Sejauh ini ia tak tahu kalau Engkongnya sudah di kasih persekot sebagai tanda jadi.

“Engkong gue kagak ngomong-ngomongin persekot. Orang die juga belon nge-iye-in kok !”, jelas Fadli dengan nada ragu-ragu. Ia sama sekali tidak tahu soal persekot tanda jadi itu. Ia menggaruk-garuk kepalanya yang tidak gatal.

“Ah.. Elu Wok, omongan orang–orang kampung lu dengerin. Belon tentu bener tuh ! Nah si Fadli sendiri bilang kagak tahu soal persekot. Pan die cucunye Haji Rasyid. Sok tahu lu Wok !”, emosi Jamal meningkat setinggi kekhawatirannya akan kebenaran cerita tentang persekot tanda jadi.

“Yee… Bukan gue ! Orang-orang kampung bilang. Makanye gue tanyain, Jamal Coko. Marah aje…, lu gedein. Tokai elu tuh… gedein, orang takut injek”, untung saja Uwok tidak menimpali dengan emosi yang tinggi juga. Kalau iya, bisa berkelahi. Dan perkelahian Jamal versus Uwok sudah kesohor seantero kampung. Yang satu sok- tahu, yang satunya lagi terkenal gampang marah. Dan biasanya ada saja yang bisa membuat mereka berselisih paham dan menjadi pemicu buat mereka berkelahi, meski untuk urusan sepele.

(...bersambung)
Monday, October 25, 2004 
3 comments




*kena wabah*... ikut selonjoran ngedengerin si padli nyoncrong nyeritain engkongnye...

waaaaaah tumben nih pak bersambung???? ampe berapa episode???

yeee... si akang mah.. dipakein tokai.. bau atuh. :D
eh, ky, aku blum sempet baca kisah cinta gus dur. 'mang mo ceritain hihi...

sa

Post a Comment  Home