ABOUT
Orang Biasa
Baihaqi 38 Tahun
Orang Biasa
1 Istri 3 Anak
Serpong Indonesia
Biasa aja...
bersahaja dalam keseharian
melaruti hari dengan harapan
mencoba menata asri
taman surga dihalaman hati
PREVIOUS POSTS
Bakpao Ramadhan
'Ngaso...
Ide
Pede
Obat "Kuat"
Kamu
Tutun...
Cita, Angan dan Harapan
Underline Buat Qky
Tembus Pandang

ARCHIVES
March 2004
April 2004
May 2004
June 2004
July 2004
August 2004
September 2004
October 2004
November 2004
SHOUTBOX
SYNDICATE
RSS Atom

Subscribe with Bloglines
Rumah Cinta Keluarga Ra'uf I
“Jangan Ampe Ke Jual Tuh Lapangan Li…”

Siang itu terik sekali. Tanah lapang samping rumah Ra'uf mengudarakan debu. Keriuhan suara anak-anak bermain bola kerap mengganggu istirahat Rahmah, istri Ra’uf. Cuma ada satu tanah lapang di kampung itu. Dan tanah lapang itu menjadi surga bermain bagi anak-anak kampung. Mereka berharap agar tanah lapang itu tidak berubah menjadi petak-petak kontrakan.

Tak ada pohon yang merindangi tanah lapang itu untuk berkumpul dan berteduh dibawahnya. Sisi rumah Ra’uf yang tak berpagar sering menjadi tempat duduk-duduk bagi anak-anak. Karena sinar matahari terhalang dinding bangunan rumah Ra’uf. Mereka betah berlama-lama menunggu senja tiba di sana. Dari sekedar bertukar cerita di sekolah tadi pagi, hingga mengatur strategi adu bola untuk pertandingan sore hari nanti.

Rahmah, perempuan santun, anak semata wayang Haji Rasyid hampir tak pernah mengomel kepada anak-anak yang bermain di sisi rumahnya. Meski suara mereka sering bising dan mengganggu tidur siangnya. Selama tak ada yang berkelahi satu sama lain, sepertinya ia tak mau ambil pusing dengan keriuhan yang ada.

Tanah lapang itu milik Haji Rasyid. Dan tampaknya Haji Rasyid belum mau menjualnya, meski telah banyak yang menawar tanah lapang itu dengan harga tinggi. Bahkan ada yang berani menawar tiga ratus ribu per meternya. Angka yang yang bukan sedikit untuk ukuran saat itu.

Fadli, cucu kesayangan Haji Rasyid, pernah merengek kepada kakeknya agar tanah lapang itu jangan di jual. Ia merengek saat mendengar Encang Ridwan, abang misan ibunya, memohon kepada Haji Rasyid untuk menjual saja tanah lapang itu. Dan uang hasil penjualannya bisa di pakai untuk tambahan armada opeletnya.

“Encing Haji. Dari pade tuh taneh kagak keliatan hasilnye, mending di jual ame si Joko ! Mumpung die berani kasih tigeratus semeter. Besok-besok mah belon tentu”, dengan semangat Ridwan membujuk Haji Rasyid, adik semata wayang almarhum ibunya.

“Ape ? Lapangan mo di jual ame Pak Joko ?”, Fadli tersentak. Di arahkan pandangannya kepada kakeknya. Haji Rasyid tengah berpikir, matanya menerawang lekat menatap lampu gantung ruang tamu rumahnya. Entah yang ada dalam pikirannya.

“Engkong ! Jangan dong ! Entar aye mo maen bola dimane ? Mao maen tak-kadal dimane ? Terus…, kalo tujubelasan mo naro coko di mane Kong ?”. Fadli memberondong kakeknya dengan sejumlah pertanyaan. Jelas tergambar kekhawatirannya jika tanah lapang itu di setujui untuk di jual oleh Kakeknya.

Belum sempat Haji Rasyid menjawab sejumlah pertanyaan-pertanyaan dari cucu kesayangannya. Ridwan, keponakan satu-satunya, segera angkat bicara, takut kalau-kalau Haji Rasyid berubah pikiran. Ia tahu benar bagaimana Encing Hajinya bisa sangat tidak berdaya kalau berhadapan dengan cucu kesayangannya itu. Ia juga menyesal, kenapa membicarakan hal ini di depan si Fadli. Ia tak menyangka, kalau keponakannya itu ternyata tidak sependapat dengannya.

“Ahh… elu Li", sergah Ridwan seraya mengubah posisi duduknya. Pandangannya kini lebih terarah pada Fadli.

"Pikiran lo maen aje. Elu tau kagak ? Kalo enyak lo tuh kagak bisa istirahat kalo siang ?! Belon lagi kalo pintu dapur di buka, nyang pade maen bola pade kagak ade pikirannye. Entu bola sering masuk ke dapur ! Coba kalo kena kompor. Terus kebalik tuh kompor. Bisa kebakaran Li”.

Ridwan tersenyum dalam hatinya, melihat keponakannya seperti tak berdaya. Ia merasa benar-benar diatas angin. "Kalau bisa si Fadli jangan sampe punya omongan", gumamnya dalam hati.

“Tapi kan…”, Fadli coba mencari alasan. Namun tampaknya Ridwan tengah di atas angin. Dengan cepat ia memotong omongan keponakannya yang tampaknya tercekat, kebingungan mencari-cari alasan.

“Belon lagi kalo musim ujan, tembok rumah lu kagak pernah cakep. Percuma Encang Ridwan cet, tetep aje kena belok bola elu ame temen-temen lu”, Bola mata Ridwan mencuri pandang Haji Rasyid, berharap kali ini Fadli tak bisa memperdaya kakeknya. Senyum dalam hatinya kian mengembang.

“Ah… Bodo ! Pokoknye kalo lapangan ampe di jual, Fadli mo pegi aje dah. Fadli mo maen bola yang jauh. Biarin di culik. Engkong udeh kagak sayang enih ame Fadli”. Badannya diangkat, berdiri seraya memegang tangan Haji Rasyid. Mengambek ! Ya. Jurus andalannya, akhirnya keluar juga. Air mukanya berubah, menampakkan kesedihan yang sangat. Tatapan matanya coba memancing iba Kakeknya.

Semua alasan yang diutarakan Encang Ridwannya memang benar adanya. Tak bisa ia membantah, hanya meng-ambek-lah sebagai satu-satunya jalan terakhir untuk mempertahankan tanah lapang tempat ia dan teman-temannya bermain.

Tampak Haji Rasyid bingung, sungguh sulit untuk memutuskan. Menimbang-nimbang kebenaran semua pernyataan yang telah diutarakan keponakannya dengan ambek cucu kesayangannya, masih sama berat.

“Encing Haji, kalo tuh taneh jadi ke jual. Encing bisa dapet tambahan dua opelet baru ame taneh sepetak di Pulo. Coba di pikir lagi deh”, Ridwan benar-benar merasa di atas angin. Ia yakin benar kalau Encing Hajinya sekarang benar-benar mau mengikuti sarannya.

(...bersambung)

*****
Engkong : Kakek
Encang : Kakak (kandung/misan) Ibu/Bapak
Encing : Adik (kandung/misan) Ibu/Bapak
Tak-Kadal : Permainan rakyat menggunakan dua bilah bambu (panjang dan pendek)
Coko : Panjat Pinang
Pulo : Pedalaman (jauh dari jalan raya/utama)
Thursday, October 21, 2004 
5 comments




iye, aye paling benci tuh kalau tanah2 pemerentah cuman buat rukos ame malls, diBintaro tuh ane liat kagak boleh ade lapangan lebih dari 6 bulanan, eh besoknya dah ade bangunan diatasnya, kalu pak Haji sih terserah die, nah ini pemerentah, keparat banget yak? ngasi ijin mulu buat bikin rukos, emang orang suru pade jualan ape? pantesin kite kagak gablek maen bola ye? kaga ade lapangan buat nendang sih.. *eh logat aye medok kaga?* puase misih lancar pak?

jadi serasa nonton si mandra. :D
apa udah ga ada lagi yakh skrg si mandra. hehe.. maap, jauh dari kampuang. :D

qky, latar belakangnya bagus loh. tulisan di atas.. juga. biasa aja ya. :)

sa

Mbak Rieke... kok komen sama sotbok-nya ngga ada ?
btw, untung tinggal di pondok jagung, tanah masih lebar-lebar, masih bisa main bola. :)) nggak tahu deh kalo Jaya Properti udah beraksi... :|

Berarti ane masih beruntung donk pak. Soale di daerah rumah ane masih banyak tanah lapang. Pan jadi ga usah bingung mo maen bola dimane. Mo naro coko dimane. Ya moga² aje entu lapangan ga bakal ditanemin rumah gedong :D

Mbak Rieke... kok komen sama sotbok-nya ngga ada ?hi iya ane lage males terima tamu jadi semuah ane copotin, ane lagi pengen ngider aje ame nge-gerecokin rumah orang ajehh .. eh pondok jagung mah daerahnya si jaya jugak tuh bae2 aje ntar lagi jadi rukos atawa malls.. eh sekali2 kita demo aje kalo dia maok bangun2 lagi, sebelon jaya bikinin lapangan bola buat rakhayat sekalean..

Post a Comment  Home