ABOUT
Orang Biasa
Baihaqi 38 Tahun
Orang Biasa
1 Istri 3 Anak
Serpong Indonesia
Biasa aja...
bersahaja dalam keseharian
melaruti hari dengan harapan
mencoba menata asri
taman surga dihalaman hati
PREVIOUS POSTS
'Ngaso...
Ide
Pede
Obat "Kuat"
Kamu
Tutun...
Cita, Angan dan Harapan
Underline Buat Qky
Tembus Pandang
Kenapa sih ? Kok ngebom ?

ARCHIVES
March 2004
April 2004
May 2004
June 2004
July 2004
August 2004
September 2004
October 2004
November 2004
SHOUTBOX
SYNDICATE
RSS Atom

Subscribe with Bloglines
Bakpao Ramadhan
Aroma religious tengah semerbak mewangi di tiga hari pertama bulan Ramadhan, pertengahan Oktober tahun ini. Nuansa kehidupan malam nampak berbeda seratus delapan puluh derajat di masjid enampuluh persen rampung, depan rumah. Riuh rendah suara anak-anak hingga jelang pukul setengah sembilan malam masih mendistorsi do'a Witir, do'a penghujung penggegas pulang.

Dapur kesayangan Yayang pun menjadi lebih semerbak di awal senja, selepas Ashar. Bukan aroma religious yang menyengat, tetapi bakpao berisi potongan dadu daging ayam plus sayuran, menyerbak mengundang selera. Uji kesabaran saat aromanya berlambat-lambat diujung hidung. Dan bagai melambatkan detak jarum jam hingga enggan bergerak ke pukul enam, saat Adzan Maghrib tanda berbuka. Hihihi, nampaknya selama sebulan ini, Adzan Maghrib menjadi satu-satunya tayangan --tanpa selingan iklan-- yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pemirsa di seluruh Tanah Air. :D

"Nih, timbangannya". Yayang mengeluarkan timbangan kue yang masih rapi dalam kardus.
"Berapa-berapanya, tuh lihat di buku resep. Aku mo ke kamar mandi. Baca dulu !!!", bergegas seraya menunjuk letak buku resep Bakpao Isi Daging Ayam.

Saat Yayang kebingungan dengan menu berbuka, serta-merta aku mengusulkan untuk membuat Bakpao. Usulan yang beralasan, karena Yayang pernah menjanjikannya untuk mencoba pertama kali. Dan kalau kali ini aku memintanya, wajar dong. :)

"Entar buka puasanya apa A ?", menerawang lekat ke langit-langit kamar.
"Ya udah... bikin bakpao aja. Kan fermipannya --dadak tepung, pengembang adonan-- udah beli". Akhirnya.
"Isinya ?", kali ini matanya lekat di mataku.
"Tumis Ayam ama sayuran, yang kayak kamu bikin buat dadar gulung kemarenan". Gampang aja betinku. Yang penting jadi deh bikin Bakpaonya.
"Ya udah... aku numis isinya, trus kamu yang bikin adonannya !". Tanpa nego. :P

Membuka kardus Timbangan Kue warna biru, sambil perlahan mengikuti barisan kata-kata yang tertera pada buku resep. Pertama menuangkan Tepung terigu khusus kue dan roti sebanyak empat ratus gram. Tambahkan satu sendok makan gula pasir dan setengah bungkus fermipan --dadak tepung, pengembang adonan--. Lalu menguleni adonan perlahan-lahan di bawah siraman air hingga dua ratus cece tandas tertuang.

"Jangan pake tengah-tengah telapak tangan, nanti bantet !!". Miss Quality Controller lekat mengawasi.Hehehe... Nggak ngebayang deh, kalau jadi kuli roti. :)) Kasihan deh itu tepung, di banting-banting, di uleni, di tonjok-tonjok hingga akhirnya kalis dan mudah dibentuk.
"Udah..., adonan biangnya biar aku yang bikin". *Emang siapa yang mau bikin ?* :P
"Itu adonan yang kamu bikin dilebarin, buat di masukin adonan biang. Entar di campur jadi satu. Terus ulenin lagi ampe kalis". *Kirain udahan bantuinnye* :((

Riuh rendah suara Ghiffari dan Jihan meningkahi ulenan adonan Bakpaoku. Setelah adonan tercampur jadi satu, jadi agak lama mengadoninya hingga kalis.
"Abang Ai minta ya..., Yah ?", Ghiffari meminta sedikit bagian adonan.
"De...de...", Jihan juga.
"Ya... Entar, kalo udah jadi", membujuk seraya menahan tangan-tangan kecil yang mulai bergerilya mendekati adonan Bakpao.

Yayang asyik menggunting daun pisang membentuk bulatan. Sesekali ia melarang dan memarahi tingkah laku dua anaknya yang tetap bersikeras berkeinginan membantu. Dan matanya tetap lekat mengawasi tanganku yang terus menguleni adonan *kapan kalisnya di adonan. kek-nya udah pegel dari tadi deh*.
"Biasanya satu jam-an ngadoninnya A", seperti bisa membaca pikiranku. *wah bisa tepar duluan nih* :((

Akhirnya adonan yang dengan perjuangan hampir tiga-perempat jam siap di isi dengan tumisan ayam plus sayuran. Kembali menimbang cubitan adonan hingga jarum menunjuk angka lima puluh gram.

"Kok kamu bentuknya bisa lebih bagus ?", sambil membandingkan dengan bentukan yang ia buat. Akhirnya boleh bersombong dikit, seraya mengajarinya. *padahal, cuma logika aja*
"Ooo iya, ngga kepikiran". *Hehehe... Makanya kalo bikin kue pake pikiran dong, jangan pake ngomel*

"Dandangnya cuma muat empat doang lho A... Trus ngukusnya 20 menitan. Bisa sampe rapi jam berapa nih ?", sambil menusuk-nusuk bakpao dengan lidi. Tenang, baru jam lima pikirku.
"A...! Inget lho A..., Entar Bakpaonya ditusuk-tusuk setiap lima belas menit, aku mo sembahyang ashar dulu. Jangan lupa !!!". Taelah... baru aja ngasoh, nonton tipi dikit. Sabar...sabar :))

Allahu Akbar... Allaaaahu Akbar. Adzan Maghrib, acara favorit sebulan ini, akhirnya mengantarkan gigitan pertamaku pada bakpao. Alhamdulillah empuk, gebu, enak, tidak bantet. Hihihi Ada bakat juga nih... jadi tukang roti hehehe :-D Campur saus sambel cap Belibis, hmmm hmmm nikmat. Apalagi ditemani Teh Manis hangat, waduh... mertua lewat kagak kelihatan dah.

"Enak A...", Iya dong, siapa yang ngulenin.
"Tahu nggak... apa yang bikin lembut dan enak di gigit ?", mana aku ngerti. Tutun juga nih Yayang.
"Adonan biang yang tadi aku bikin, yang bikin jadi enak. Takeran baking powdernya pas, blue bandnya juga. Nih... rasanya juga enak. Tadi aku tambahin gula pasir seratus gram di adonan biangnya. Tumisan Ayamnya juga enak kan, ya A ?". Au...ah, nyerocos aje... kek Janwe :P
Monday, October 18, 2004 
5 comments




pak, mauuuuuuuuuuuuuuu donk bakpaonya

rame ya pak rumahnya... pake petasan janwe.... :) bolehkan saya ikut tersenyum... untuk bakpao yang telah bikin empuk dan hangat rumahnya.. :)

duh, mesranya.. enak gak enak sih dilidah pasti aja terasa enak kalo dibikinnya pake cinta gitu... hehe..

untung saya baca posting ini pas malam. kalo pas siang, wah... bisa batal :)

Pak bos...mbok yao itu bakpo dikirim ke sinih buat pembuka selera pas buka....soalnya di sinih gak ada apa-2..kalo buka...langsung nyikat nasi :P

Post a Comment  Home